Bea Cukai Cek Buku Impor Murah di Big Bad Wolf

0
317

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernah datang dan membeli buku di pameran Big Bad Wolf? Jika pernah, barangkali ada satu pertanyaan yang terlintas. Mengapa buku impor di Big Bad Wolf dijual begitu murah dibandingkan buku impor di tempat lain? Hal ini juga mendapatkan perhatian Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan. Bahkan dalam waktu dekat, Bea Cukai akan mengeceknya.

“Nanti aku cek laporannya,” ujar Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3/2019). Menurut Heru, setiap buku impor yang masuk ke Indonesia pasti dikenai bea masuk, kecuali buku ilmu pengetahuan. Sejak 2016, buku impor ilmu pengetahuan sudah dibebaskan dari bea masuk, pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) dan pungutan pajak penghasilan (PPh) pasal 22.

Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 103/PMK.04/2007 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 122/PMK.011/2013. Saat ditanya kapan akan mengecek laporan impor buku-buku di Big Bad Wolf, Heru menyebut Bea Cukai akan melakukannya pada Rabu (6/3/2019) esok.