Bertemu Jokowi, Akumindo minta pajak 0% bagi usaha mikro dan kecil

0
167

Presiden Joko Widodo meminta masukan dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Istana Merdeka, Selasa (18/6). (Kontan/Abdul Basith)
Peluang masih be

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia (Akumindo) minta pajak 0% bagi usaha mikro dan kecil. Hal diungkapkan ketika bertemu Presiden Joko Widodo untuk merancang kebijakan mengembangkan UMKM. 

Penerapan pajak saat ini dirasa masih terlalu memberatkan bagi pelaku UMKM. “Kami minta sama dengan negara China yang 2020 itu usaha mikro dan kecil itu minta 0%,” ujar Ketua Akumindo Ikhsan Ingratubun di kompleks istana kepresidenan, Selasa (18/6).

Sebelumnya pemerintah telah menurunkan pajak penghasilan (PPh) bagi pelaku UMKM dari 1% menjadi 0,5%. Pajak tersebut dikenakan bagi UMKM yang omzetnya mencapai Rp 4,8 miliar.

Selain penurunan pajak, Ikhsan juga mendorong pemasaran produk UMKM di pasar internasional. Produk UMKM yang telah berkembang di pasar lokal perlu didorong lebih lagi. “Indonesia harus berani keluar untuk mempromosikan produknya,” terang Ikhsan.

Respon Jokowi dinilai Ikhsan cukup baik menerima masukan dari pelaku UMKM. Nantinya masukan yang diberikan akan ditindaklanjuti bersama dengan menteri.

Tidak hanya masukan, Jokowi juga akan melibatkan pelaku UMKM dalam membuat kebijakan. Nantinya pelaku UMKM akan kembali untuk melakukan review atau membahas kebijakan yang akan dikeluarkan.