Dari Sayonara Tax, Jepang Bisa Dapat Rp 50 M dari Turis Indonesia

0
198

Jakarta – Kini, turis yang mau liburan ke Jepang akan dikenai Sayonara Tax. Turis dari Indonesia, diperkirakan akan menyumbang angka yang tak sedikit.

Mulai hari ini, Senin (7/1) tiap turis yang meninggalkan Jepang akan dikenakan pajak bernama Sayonara Tax. Pajaknya sebesar 1.000 Yen atau setara dengan Rp 132 ribu.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pajak Jepang seperti dilihat detikTravel, Senin (7/1/2019) pajaknya dialokasikan untuk memajukan pariwisata Jepang. Baik itu untuk membuat destinasi wisata makin nyaman, pengembangan informasi pariwisata dan pengembangan destinasi wisata alam serta budaya.

Dalam catatan detikTravel dari data JNTO (Japan National Tourism Organization), tahun 2017 saja tercatat sekitar 350 ribu turis Indonesia. Angka itu naik 30 persen dibanding tahun 2016 sebelumnya.

Jika jumlah itu dikalikan dengan Sayonara Tax, maka akan mendapat angka sekitar Rp 46 M. Dengan tren kunjungan turis Indonesia ke Jepang yang terus naik, tentu Jepang akan mendapat angka yang lebih besar lagi.

Mungkin sampai angka Rp 50 M, atau bahkan lebih?