Didakwa Kasus Penggelapan Pajak, Shakira Segera Disidang

0
27

VIVA – Kabar mengejutkan datang kekasih bek Barcelona, Gerard Pique, yakni Shakira, yang dituduh melakukan penggelapan pajak di Spanyol. Wanita yang lebih terkenal sebagai penyanyi ini, bakal menjalani sidang perdananya.

Melansir The Guardian, Shakira, dipanggil oleh pengadilan Spanyol atas dugaan penggelapan pajak sebesar 14,5 juta euro atau sekitar Rp238 miliar. Pelantun lagu ‘Waka Waka’ ini dipanggil masih dengan status sebagai saksi.

Shakira diduga tidak membayar pajak semenjak tinggal bersama Pique di Spanyol. Pada Desember 2018 lalu, jaksa mendakwa Shakira tidak membayar pajak atas penghasilannya yang didapat sejak 2012-2014.

Selain itu, dalam dakwaannya, jaksa juga menduga Shakira menyembunyikan pendapatannya melalui 14 perusahaan berlabel surga pajak.

Namun, perwakilan Shakira membantah tuduhan itu. Mereka menyebut bahwa, Shakira, telah melunasi utang dengan otoritas pajak setempat.

Sebelum Shakira, sejumlah bintang lapangan hijau juga pernah tersandung masalah serupa. Sebut saja Lionel Messi, David Beckham hingga teranyar Cristiano Ronaldo.

Ronaldo pun akhirnya mengaku bersalah atas penipuan pajak dan ia dihukum harus membayar denda hingga Rp313 miliar sebagai pengganti vonis penjara dua tahun.