Diminta Buka Data Anggaran Bocor, BPN Prabowo Bicara Tax Ratio

0
235

Jakarta – Badan Pemenganan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menanggapi permintaan TKN Jokowi-Ma’ruf untuk membuka data anggaran bocor 25% yang diucap Prabowo. Menurut BPN, ucapan Prabowo itu berdasar hitung-hitungan tax ratio.

“Jadi gini, kita itu memprediksi, Pak Prabowo itu bilang dari hitung-hitungan tax ratio kita jadi bahwa kita prediksi Indonesia ini bisa dapat tambahan pendapatan sekitar Rp 1.450 triliun, dari mana? Sekarang tax ratio kita dulu tahun 2014 masih 13 persen, tahun 2018 ini diprediksi 8-9 persen. Pak Prabowo itu ingin tax ratio kita ini bisa naik 16 atau 19 persen, Gambia itu 16 persen, Thailand itu 19 persen, India 20 persen,” kata Jubir BPN Andre Rosiade kepada detikcom, Kamis (7/2/2019).

“Dengan hitung-hitungan kita dengan simulasi postur APBN Pak Prabowo-Sandi kita prediksi kita dapat tambahan Rp 1450 triliun per tahun. Tambahan pendapatan itu yang bilang Prabowo kebocoran sebenarnya negara ini bisa membangun tanpa utang karena ada kebocoran,” sambungnya.

Andre lalu menyebut harusnya dilakukan reformasi pajak hingga devisa dari sumber daya alam tak keluar dari dalam negeri alias tak bocor. Jika hal itu bisa dilakukan, kata Andre, pemerintah bisa melakukan pembangunan tanpa utang.

“Harusnya dengan reformasi pajak lalu membangkitkan sumber daya alam kita, devisanya ditaruh di dalam negeri dan dapat pajak sehingga kebocoran nggak ada,” ucap Andre.

Sebelumnya, Prabowo bicara soal 25% anggaran negara yang ‘bocor’. Prabowo menyebut ‘kebocoran’ anggaran negara itu sudah ia hitung dan tulis di bukunya.

“Saya hitung dan saya sudah tulis di buku, kebocoran dari anggaran rata-rata, taksiran saya mungkin lebih, sebetulnya 25% taksiran saya anggaran bocor. Bocornya macam-macam,” kata Prabowo saat berpidato di HUT ke-20 Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Hall Sport Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (6/2).

Dia pun menyebut kebocoran itu antara lain disebabkan oleh mark up anggaran dalam berbagai proyek pemerintah. Perhitungan Prabowo, anggaran negara yang ‘bocor’ mencapai Rp 500 triliun. Dia menuturkan anggaran sebesar itu bisa membangun industri besar di Tanah Air.

Menanggapi itu, TKN Jokowi-Ma’ruf meminta Prabowo membuka data soal anggaran negara bocor 25 persen. Tujuannya, agar ucapan Prabowo itu tak menyesatkan masyarakat.

“Sebaiknya beliau bisa kasih data yang jelas, jangan berdasarkan hitungan di mulut, karena itu bisa menyesatkan masyarakat. Nanti kalau dibilang mirip dengan strategi firehose of falsehood marah,” kata Jubir TKN Irma Suryani Chaniago kepada detikcom, Rabu (6/2).