Ditjen Pajak minta wajib pajak lapor SPT lewat situs resmi

0
172

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tengah mendorong wajib pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) secara online baik melalui sistem e-filing maupun e-form. Pelaporan tersebut dapat dilakukan di situs resmi Ditjen Pajak.

Meski begitu, DJP pun menghimbau agar masyarakat menggunakan laman resmi DJP yakni djponline.pajak.go.id dalam mengisi SPTnya. Pasalnya, saat ini tengah banyak aplikasi-aplikasi tak resmi yang bisa terhubung dengan layanan e-filingmaupun e-form di laman resmi DJP.

“Sekarang banyak aplikasi seolah-olah channel untuk menyampaikan SPT e-filling. Tetapi kami mengimbau WP manfaatkan channel yang resmi saja, yaitu djponline,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama, Senin (25/2).

Meski hingga saat ini DJP belum mengetahui apa dampak yang ditimbulkan bila wajib pajak melakukan pelaporan SPT melalui aplikasi tersebut, tetapi DJP mengatakan, pengisian data melalui situs resmi DJP akan menghindarkan WP dari segala risiko yang muncul.

“Lebih baik manfaatkan situs resmi kami djponline, jangan gunakan aplikasi yang banyak bisa didownload, saya tidak bisa menuduh bahwa itu berisiko atau tidak, tetapi untuk menghindari risiko apapun, lebih baik langsung masuk ke djponline kami,” terang Hestu.