Ekonomi Global ‘Macet’, Penerimaan Negara Seret

0
170

Jakarta – Kondisi perekonomian berbagai negara di dunia tidak cukup menggembirakan dalam beberapa waktu terakhir. Perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China hingga serangan pesawat tanpa awak terhadap dua kilang minyak perusahaan Aramco milik Arab Saudi dua pekan lalu mewarnai dinamika ekonomi global sejumlah negara.

Pelemahan pertumbuhan ekonomi negara mitra dagang utama, penurunan harga komoditas global, dan kekhawatiran di pasar keuangan menjadi tekanan yang dihadapi oleh ekonomi dalam negeri. Alhasil, penerimaan negara pun seret alias tersendat-sendat hingga per Agustus 2019.

“Kalau dilihat dari pertumbuhannya dibanding tahun sebelumnya, maka kita lihat tahun 2019 ini terjadi pelemahan. Ini menandakan kondisi ekonomi mengalami penurunan sehingga para pengusaha bayar pajak lebih rendah dibandingkan dua tahun berturut-turut. Ini harus kita waspadai,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (24/9).

Sri Mulyani mengatakan seretnya penerimaan negara mulai terlihat pada pertengahan tahun ini. Seluruh jenis pajak utama pun mengalami tekanan pada periode Januari-Agustus 2019.