Harga minyak terus menanjak dibayangi kekhawatiran perlambatan ekonomi global

0
248

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Harga minyak terus merangkak naik. Mengutip Bloomberg, Jumat (15/2) pukul 06.50 WIB harga minyak west texas intermediate(WTI)  untuk pengiriman Maret 2019 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 54,54 per barel, naik 0,23% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 53,41 per barel. Dalam sepekan, harga minyak sudah naik 3,45%.

Kenaikan harga minyak dipicu oleh meningkatnya kekhawatiran investor akan perlambatan ekonomi global setelah rilis data belanja ritel mencatatkan penurunan paling tajam sejak 2009.

Harga minyak berfluktuasi lantaran prospek ekonomi Amerika serikat semakin redup oleh data lain yang menunjukkan peningkatan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran secara tak terduga pekan lalu.

“Masalah pasokan Venezuela dan Arab Saudi yang  diperkirakan turun dan implikasi penuruna permintaan akibat perang dagang AS-China membuat harga minyak bergerak terbatas,” ujar David Thompson, Executive Vice President Powerhouse, pialang komoditas khusus energi di Washington sepeerti dikutip Reuters.