Harga SUN berpotensi naik menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi

0
222

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Harga Surat Utang Negara (SUN) pada perdagangan, Rabu (6/2) berpotensi naik didorong prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

I Made Adi Saputra, analis fixed income MNC Sekuritas mengatakan, harga SUN hari ini berpotensi naik naik karena didorong perkiraan para ekonom mengenai pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di kuartal keempat. Namun, katalis negatif mungkin terjadi dan datang dari imbal hasil surat utang global yang mengalami kenaikan.

Sementara itu dari dalam negeri, Made memperkirakan pelaku pasar masih akan wait and see terlebih dahulu jelang dirilisnya data pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal IV 2018 di pekan ini.

Dengan kombinasi beberapa faktor tersebut, Made dalam risetnya hari ini menyarankan beberapa seri yang cukup menarik untuk dicermati, seperti FR0077, FR0079, FR0070, FR0069, FR0053 dan FR0056.

Sebelumnya, Senin (4/2) harga SUN naik karena didukung katalis positif dari Bank Sentra Amerika Serikat yang mempertahankan suku bunga acuannya di kisaran 2,25%-2,50% pada pertengahan pekan lalu.

Pelaku pasar merespons kondisi tersebut dengan melakukan pembelian SBN di pasar sekunder, sehingga mendorong terjadinya kenaikan harga, terutama SBN dengan tenor menengah dan panjang.