Hindari Tumpang Tindih Pekerjaan, Panja Bidang Perpajakan Dirampingkan

0
20

Dewan Uni Eropa akan merampingkan gugus tugas bidang perpajakan melalui penggabungan dua panitia kerja dan memperluas kewenangannya dalam mengurusi seluruh aspek dalam bidang perpajakan Uni Eropa.

“Langkah ini merupakan bagian dari perombakan yang lebih luas dari badan teknis Dewan Eropa dan merampingkan struktur pekerjaan bidang perpajakan,” tulis keterangan Dewan Eropa, dikutip pada Selasa (15/6/2021).

Selama ini, tugas bidang perpajakan diatur melalui panja perumusan masalah perpajakan (Working Party on Tax Questions) dan panja tingkat tinggi (High Level Working Party). Keduanya memainkan peran berbeda dalam perumusan kebijakan perpajakan Eropa.

Panja masalah perpajakan berwenang untuk merumuskan negosiasi draft rancangan aturan yang terkait dengan pajak langsung dan tidak langsung seperti PPh badan, kerja sama antarotoritas pajak, PPN, cukai, perpajakan sektor energi dan perpajakan atas transaksi keuangan.

Sementara itu, panja tingkat tinggi menjadi wadah untuk mengawasi hasil kerja panja masalah perpajakan. Panja tingkat tinggi juga menjadi forum debat umum tentang isu kebijakan pajak Uni Eropa dan saluran komunikasi dengan negara lain atau organisasi internasional.

Ke depannya, kedua fungsi tersebut akan dilebur dalam satu panja baru yang bertugas. Nanti, panja tersebut akan menjadi sarana negosiasi kebijakan dan administrasi perpajakan yang melibatkan semua menteri keuangan negara anggota Uni Eropa.

“Pengaturan baru untuk menghindari tumpang tindih dalam pembagian pekerjaan. Hal ini selama ini menyebabkan beberapa negara anggota hanya memiliki satu atase yang duduk di kedua badan tersebut,” jelas Dewan Eropa.

Perampingan gugus tugas di Dewan Eropa tidak hanya berlaku pada bidang perpajakan. Komite yang tidak aktif dan proses bisnisnya sejenis ikut terkena perampingan organisasi. Melalui perampingan ini nantinya jumlah Panja Dewan Eropa akan susut dari 150 Panja menjadi 100 Panja.

“Mandat Panja baru diadopsi pada 4 Juni 2021 dan secara resmi mulai beroperasi pada 22 Juni 2021,” sebut Dewan Eropa dikutip dari Tax Notes International.