Insentif Diskon PPN Bakal Berlaku Hingga Desember 2022

0
80

Pemerintah Federal Austria memperpanjang periode insentif pajak, terutama untuk jenis pajak barang dan jasa.

Dewan Federal Austria memberikan lampu hijau bagi pemerintah untuk memberikan insentif pajak pada tahun fiskal 2021. Insentif berlaku pada sektor usaha yang masih terdampak pandemi Covid-19 seperti jasa pariwisata.

“Perpanjangan penurunan tarif PPN di bidang perhotelan sektor budaya berlaku hingga 31 Desember 2021,” tulis keterangan dewan federal, dikutip pada Jumat (27/8/2021).

Dewan menyatakan sektor usaha perhotelan dan kegiatan budaya tidak akan dikenakan tarif normal PPN sebesar 20%. Sektor ekonomi tersebut berhak mendapatkan tarif PPN khusus sebesar 5% hingga akhir tahun.

Selanjutnya, diskon tarif PPN juga berlaku untuk barang yang digunakan dalam penanggulangan pandemi. Alat tes Covid-19 dan semua produk vaksin menikmati tarif PPN 0%. Insentif tersebut berlaku hingga 31 Desember 2022.

Kemudian, mulai 1 Januari 2021, pemerintah menetapkan tarif PPN preferensial sebesar 10% untuk produk saniter perempuan. Pembelian pembalut, tampon dan cangkir menstruasi mendapatkan diskon PPN sebesar 50% dari tarif normal.

“PPN atas jasa perbaikan tertentu seperti reparasi sepeda, pakaian dan linen rumah tangga mendapatkan pengurangan tarif menjadi 10% mulai 1 Januari 2021,” sebut dewan seperti dilansir globalvatcompliance.com.

Selain itu, barang dan jasa tertentu yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 selain alat tes dan vaksin juga mendapatkan diskon PPN. Pemerintah menetapkan tarif pajak 5% untuk barang dan jasa yang berkaitan dengan penanggulangan pandemi.