Jokowi Disinggung Absen di PBB, Erick Thohir Ungkit ‘Winter Is Coming’

0
301

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin merespons sindiran dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno soal Jokowi yang absen berbicara dalam Sidang Umum PBB.

Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, mengungkit pidato-pidato Jokowi di pertemuan level internasional yang ramai dibahas. Salah satunya saat memberi sambutan dalam acara Plenary Meeting International Monetary Fund (IMF)-World Bank di Nusa Dua, Bali.

“Beliau itu kan sudah diakui oleh banyak negara figur internasional, berapa kali beliau bicara di G-20 kemarin yang di Bali IMF, bahkan pidato-pidatonya sudah menjadi trending topic dunia. Apakah ‘Winter is Coming’ atau yang sebelumnya waktu itu di Vietnam itu mengenai Thanos,” kata Erick di lokasi debat keempat Pilpres 2019, Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Pidato Jokowi yang menyebut tokoh ‘Avengers’ itu tercetus saat Jokowi menyampaikan pidato dalam World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, Rabu (12/9/2018) lalu. Jokowi mengatakan dirinya bersama Avengers siap melawan Thanos, yang hendak memusnahkan setengah populasi manusia.

Erick mengatakan ramainya respons atas pidato Jokowi jadi tanda banyak pihak yang memandang secara positif. Erick mengatakan Jokowi selalu membawa hal yang baru.

“Hal-hal itu kan yang saya rasa hal yang memang positif dan memang ekonomi dunia atau politik dunia seperti itu. Dan saya rasa Pak Jokowi selalu membawa hal-hal yang up-to-date-lah, bukan yang ketinggalan jaman,” kata dia.

Sebelumnya, BPN menyindir Jokowi yang tak pernah bicara dalam Sidang Umum PBB karena selalu digantikan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Koordinator juru bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo justru akan tampil dalam Sidang Umum PBB jika nantinya terpilih sebagai Presiden RI.

“Prabowo komitmen untuk hadir ketika diminta addressing speech di Sidang Umum PBB karena penting kepala negara berikan pidato langsung di sidang PBB karena itu jadi cerminan sikap dari satu negara secara ofisial. Pak Prabowo akan beda dengan Jokowi yang tidak pernah hadir dalam Sidang Umum PBB,” ucap Dahnil di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).