Kesepakatan Ekonomi Komprehensif Indonesia Australia Ditandatangani Bulan Depan

0
291

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Australia akan ditandatangani pada Maret 2019 mendatang. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan, seremoni akan dilakukan bersama dengan penyelenggaraan forum bisnis kedua negara.

Kedua negara telah menuntaskan perundingan sejak Agustus 2018. Namun, penandatanganan kesepakatan molor karena perbedaan kebijakan politik luar negeri kedua negara.
Salah satu alasan penundaan adalah aksi Australia memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Padahal, pemerintah Indonesia tidak pernah mengakui keberadaan negara Israel tersebut.

Kesepakatan perundingan yang dirintis sejak 2010 ini sejatinya sudah terjadi saat Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Pada kesempatan itu kedua pemimpin menyepahami untuk segera penyelesaian substansi IA-CEPA.

Asal tahu saja, pada periode Januari-November 2018, Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan Australia sebesar US$ 2,85 miliar. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan defisit periode yang sama tahun 2017 sebesar US$ 3,31 miliar. Indonesia berharap defisit neraca dagang tersebut bisa teratasi pasca adanya perjanjian tersebut.