Koalisi Pemerintah Yakin Setoran Pajak Naik Tahun Depan, Ini Alasannya

0
24

Koalisi pemerintahan baru Jerman memproyeksikan masih banyak ruang fiskal yang bisa digali dari penerimaan pajak.

Sumber internal koalisi mengatakan pemerintah baru dapat mengandalkan kinerja penerimaan pajak dalam beberapa tahun mendatang. Optimalisasi pajak akan menambah ruang fiskal hingga miliaran euro.

“Proyeksi pendapatan pajak yang telah diperbarui akan menunjukkan ruang fiskal tambahan untuk pemerintah federal hingga €10 miliar per tahun,” katanya dikutip pada Rabu (10/11/2021).

Sumber anonim dari internal koalisi tersebut juga menyatakan proyeksi tambahan penerimaan bisa bergerak lebih tinggi saat perekonomian kembali normal seperti prapandemi. Menurutnya, tambahan ruang fiskal tersebut menjadi modal besar dalam melakukan transformasi ekonomi ramah lingkungan.

Pemerintah memiliki cukup pendanaan untuk membiayai belanja investasi untuk membuat ekonomi Jerman lebih ramah iklim dan berbasis digital. Proyeksi bahkan bisa lebih tinggi lagi jika ikut menyertakan komponen pemerintah negara bagian.

Akumulasi bertambahnya ruang fiskal pada tingkat pemerintah federal, negara bagian hingga pemerintah kota akan mendongkrak belanja pemerintah untuk belanja kepentingan umum.

“Ruang tambahan untuk pengeluaran publik bisa dalam kisaran 2 digit miliar euro per tahun,” terangnya seperti dilansir deccanherald.com.

Sementara itu, Menkeu Olaf Scholz yang akan naik pangkat menjadi kanselir dijadwalkan menyampaikan proyeksi penerimaan pajak terbaru pada Kamis ini. Proyeksi belanja pemerintah juga akan dijabarkan di bawah koalisi politik yang baru.