Melihat Janji Prabowo Dongkrak Tax Ratio Demi Gaji PNS

0
176

Jakarta – Pada saat debat pertama, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut tax ratioalias rasio pajak lebih dari satu kali.

Padahal, tema debat seputar hukum, HAM, dan korupsi. Awalnya, Prabowomenyampaikan visi misinya jika terpilih sebagai pemimpin Indonesia akan menaikkan gaji para birokrat dan para penegak hukum di tanah air.

Tujuan tersebut dilakukan agar para PNS hingga penegak hukum terhindar dari korupsi karena hak yang didapatkannya kecil.

Guna meningkatkan gaji para abdi negara, Prabowo mengungkapkan akan meningkatkan tax ratio dari yang sekarang sekitar 11,5% menjadi 16% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Tax ratio merupakan rasio jumlah pajak yang dikumpulkan pada suatu masa dibandingkan atau dibagi dengan produk domestik bruto (PDB) di masa yang sama.

Dengan adanya peningkatan, maka akan ada tambahan penerimaan dari potensi yang sudah ada sebelumnya. Lalu apakah hal itu bisa diwujudkan? Atau hanya sekadar janji kampanye?