Menkominfo dan Menkeu Mau Uji Pajak Online di Pulau Perbatasan

0
234

Sangihe – Menteri Komunikasi dan Informatika (MenkominfoRudiantaradan Menteri Keuangan (MenkeuSri Mulyani akan menguji layanan internet cepat Palapa Ring Tengah di Kepulauan Sangihe, yang digunakan untuk mendukung layanan pajak online.

Rudiantara dan Sri Mulyani dijadwalkan tiba ke KPPN Tahuna, KKP Tahuna, dan Terminal Station Palapa Ring Ring Tengah yang ada di Kepulauan Sangihe, pada Jumat (18/1/2019) besok.

Sebagai informasi, Kepulauan Sangihe yang merupakan kabupaten pemekaran sejak 2000 silam, terletak di antara Manado, Sulawesi Utara dan Pulau Mindanao (Filipina).

Dalam kunjungan tersebut Rudiantara dan Sri Mulyani rencananya juga didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan, saat berada di kantor KPP Tahunan kedua menteri tersebut akan memantau dan mencoba akses internet yang terhubung dengan jaringan serat optik Palapa Ring Tengah.

“Akses Point of Presence (PoP) Palapa Ring Tengah yang terhubung dengan jaringan Telkom itu digunakan untuk mendukung layanan perpajakan secara online,” kata Ferdinandus dalam pernyataannya, Kamis (17/1).

Pada saat itu, Rudiantara dan Sri Mulyani juga akan melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang didampingi Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) beserta jajaran dokter ahli di Jakarta.

Video conference ini dijelaskan sebagai bentuk inisiasi kerja sama konsultasi kesehatan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti).

Bakti, yang berada di bawah naungan Kominfo, telah membangun satu tower telekomunikasi jaringan seluler 4G dan enam tower lainnya adalah 2G. Saat ini Bakti tengah mempersiapkan proses migrasi ke 4G.