Menpar Dorong Investor Bangun Marina Kelas Dunia di Selayar

0
250

Jakarta – Menteri Pariwisata Arief Yahya, meminta para investor untuk berinvestasi di Marina Kelas Dunia. Hal ini disampaikan Arief saat melakukan Kick Off Perencanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

“Kalau Anda membangun wisata marina maka saya berjanji mendatangkan International Yacht Rally akan saya lewatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2019).

Arief menjelaskan untuk akses pulau-pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Selayar yang jumlahnya ratusan, dibutuhkan Seaplane yang bisa menghubungkan pulau-pulau. Selain itu, dia juga menginginkan Bandara Aroeppala bisa menjadi bandara kelas internasional.

Menurutnya, salah satu cara untuk mempercepat pembangunan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

“Mendapatkan KEK memang tidak mudah tapi jika sudah memiliki KEK maka pembangunan akan cepat. Pemerintah Pusat akan turun membangun infrastruktur dasar seperti jalan, air, internet dan lainnya,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Arief juga menyarankan kepada investor untuk membangun Nomadic Tourism dan Live On Board. Karena keduanya dianggap paling praktis dan cepat serta pembangunannya relatif mudah.

“Nomadic Tourism dan Live On Board adalah solusi sementara untuk selamanya. Karena selain cepat, pembangunannya juga murah,” kata Arief.

Arief Yahya menyampaikan bahwa potensi Kabupaten Kepulauan Selayar sangat bisa menjadi destinasi wisata kelas dunia. Arief juga menjanjikan tahun 2019 Kabupaten Kepulauan Selayar akan ditetapkan menjadi KEK Pariwisata.

“Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki Taman Nasional Takabonerate yang merupakan Cagar Biosfer Dunia. Letak Kabupaten Kepulauan Selayar sangat strategis sebagai Hub Internasional dan kekayaan Flora & Fauna yang bisa bersaing dengan Wakatobi,” ujar Arief Yahya.

Ditambahkaanya, yang terpenting dalam membangun pariwisata kelas dunia atraksi, amenitas dan aksebilitas.

Sebelumnya Arief datang bersama rombongan menggunakan pesawat Hawker 4000 N349 AJ. Rombongan disambut Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali, bersama Unsur Forkopimda, Kepala OPD dan Masyarakat. Rombongan Arief disambut dengan pengalungan bunga.