Pesawat Pribadi dan Kapal Layar Bakal Dikenai Pajak Baru

0
17

Pemerintah Kanada berencana untuk mengenakan pajak khusus atas barang-barang mewah mulai tahun depan. Hal ini tertuang dalam rencana anggaran yang disampaikan oleh pemerintah.

Barang-barang mewah yang akan dikenai pajak khusus atau PPnBM tersebut antara lain mobil mewah dan pesawat pribadi dengan nilai di atas CA$100.000 dan yachts dengan nilai di atas CA$250.000.

“Mereka yang membeli barang mewah seharusnya membayar pajak lebih banyak. Untuk itu, pemerintah mengusulkan pengenaan pajak atas barang mewah,” tulis pemerintah pada dokumen anggaran seperti dilansir ctvnews.ca, dikutip Kamis (22/4/2021).

Pemerintah memperkirakan pengenaan pajak atas barang mewah akan menambah penerimaan pajak sejumlah CA$604 juta atau kurang lebih Rp7 triliun selama 5 tahun terhitung sejak tahun anggaran 2021/2022.

Secara lebih terperinci, pemerintah mengharapkan tambahan penerimaan pajak senilai CA$34 juta pada tahun anggaran 2021/2022 dan tambahan sejumlah CA$140 juta pada tahun anggaran 2022/2023.

Tarif yang diusulkan sebesar 10% atas nilai barang mewah dan tambahan 20% atas barang mewah yang memiliki nilai di atas ambang batas (threshold). Adapun mobil yang dikenai pajak khusus adalah mobil pengangkut kurang dari 10 penumpang mulai dari mobil sport, sedan, SUV, pick-up, dan lain sebagainya.

Sementara itu, kendaraan mewah yang bukan mobil seperti sepeda motor, ATV, snowmobile, hingga mobil balap yang tidak digunakan di jalan umum tidak dimasukkan sebagai objek pajak atas barang mewah. (rig)