Reformasi Pajak Pensiun, Pemerintah Susun Beberapa Proposal

0
13

Kementerian Keuangan Inggris dikabarkan tengah menyusul proposal perubahan pajak iuran jaminan sosial sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan penerimaan dan memenuhi kebutuhan pembiayaan penanganan pandemi Covid-19.

Laporan The Daily Telegraph menyebutkan Kementerian Keuangan tengah menyusun proposal perubahan pajak iuran jaminan pensiun. Rencananya, beban pajak untuk pembayaran jaminan pensiun bagi pekerja dan pemberi kerja akan dinaikkan tahun ini

“Reformasi pajak pensiun dapat dimasukkan dalam pernyataan fiskal pemerintah pada November 2021,” tulis laporan The Daily Telegraph dikutip pada Senin (21/6/2021).

Tiga proposal reformasi pajak pensiun yang disiapkan pemerintah. Pertama, usulan kebijakan memangkas tunjangan pensiun seumur hidup dari £1 juta atau setara dengan Rp19,9 miliar menjadi sekitar £800.000 atau setara Rp15,9 miliar.

Proposal tersebut mencakup beban pajak sebesar 55% jika uang pensiun dicairkan sekaligus atau lump sum. Sementara itu, jika jaminan pensiun dicairkan secara bertahap atau dengan cara lain akan kena pajak sebesar 25%.

Kedua, rencana mengurangi insentif keringanan pajak bagi iuran pensiun. Pemerintah menurunkan tarif diskon pajak dari 40% menjadi 20%. Ketiga, menetapkan jenis pajak baru untuk pembayaran iuran pensiun pegawai yang dilakukan pemberi kerja.

Seperti dilansir independent.co.uk, proposal reformasi pajak pensiun dari Partai Konservatif ini dinilai bertentangan dengan manifesto politik bidang kebijakan fiskal pada 2019.

Kala itu, Partai Konservatif berjanji untuk tidak meningkatkan tarif pajak penghasilan, iuran sosial nasional atau tarif PPN. Mereka juga berkomitmen untuk mempertahankan kebijakan insentif bagi para pensiunan.