Samsung Bakal Bangun Pabrik US$17 Miliar, Diskon Pajak Disiapkan

0
30

Pemerintah Williamson County mengeklaim telah menyepakati kerja sama dalam pembangunan pabrik semikonduktor dengan Samsung senilai US$17 miliar atau sekitar Rp242 triliun.

Pemerintah Williamson County setuju memberikan paket stimulus berupa keringanan pajak properti. Keringanan diberikan kepada Samsung sebesar 90% untuk 10 tahun pertama. Pembangunan pabrik diperkirakan akan menghasilkan lapangan kerja baru sebanyak 10.000 pekerja.

“Untuk 10 tahun berikutnya, Samsung bisa mendapatkan diskon 85% apabila pabrik yang dibangun sudah lebih dari 560.000 m2 dan membuka 1.800 lapangan pekerjaan full-time pada 2026,” sebut KXAN dalam laporannya seperti dilansir donga.com, Rabu (15/9/2021).

Hakim Williamson County Bill Gravell yang menyetujui pemberian insentif tersebut menyatakan investasi Samsung tersebut akan menjadi proyek pengembangan ekonomi terbesar sepanjang sejarah Texas, sekaligus menjadi nilai investasi asing terbesar di AS.

Di lain pihak, Samsung belum memberikan pernyataan resmi perihal tempat pembangunan pabrik chip-nya di AS. Kota Austin dan Williamson County yang berada di Texas, termasuk New York dan California masuk dalam radar Samsung untuk pembangunan pabrik.

“Kami saat ini masih bernegosiasi dengan beberapa kandidat mengenai berbagai hal, termasuk soal insentif pajak. Namun, tidak ada yang bisa dikonfirmasi sampai dengan sekarang,” sebut juru bicara Samsung.

Di sisi lain, rencana Samsung untuk membangun pabrik juga mendapatkan perhatian dari Pemerintah AS. Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden AS Joe Biden tersebut bahkan menawarkan diskon pajak hingga US$2 juta.

Untuk diketahui, pembangunan pabrik ditargetkan akan dimulai Januari 2024. Rencananya, pabrik akan memproduksi chipset 5nm dan 8nm mengingat tingginya permintaan untuk kartu grafis seri kelas atas dari Nvidia GeForce RTX3000.