Sederet Sosok Calon Dirjen Pajak Baru

0
245

Jakarta – Akhir bulan ini Menteri Sri Mulyani Indrawati akan mengumumkan calon Dirjen Pajak yang baru menyusul Robert Pakpahan yang masuk usia pensiun. Hingga saat ini belum ada ungkapan dari Sri Mulyani siapa sosok calon peminpin di pajak.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengungkapkan ada beberapa calon yang siap berpeluang menggantikan Robert Pakpahan di Direktotat Jenderal Pajak (DJP).

“Minggu lalu sudah kita diskusikan, dan menurut info sudah ditunjuk oleh Presiden,” kata Prastowo saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Berdasarkan catatannya, Prastowo mengungkapkan bahwa ada calon berasal dari pejabat eselon I Kementerian Keuangan maupun dari internal DJP.

Berikut sosok pejabat eselon I Kementerian Keuangan yang berpotensi menjadi Dirjen Pajak?

1. Awan Nurmawan Nuh

Saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak Kementerian Keuangan. Sebelumnya, Awan juga berkecimpung di dunia pajak dengan jabatan yang cukup strategis, seperti Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat, Direktur Perpajakan I DJP periode 2011-2013, Sekertaris DJP periode 2013-2015, Direktur Ekstentifikasi dan Penilaian periode 2015-2016, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah 2016.

2. Astera Primanti Bhakti
Saat ini menjabat sebagai Dirjen Perimbangan Keuangan, pria ini juga berasal dari lingkungan pajak terlihat dari tahun 2004-2006 sebagai Kepala Bidang Administrasi dan Kerjasama Perpajakan DJP, tahun 2006-2007 sebagai Kepala Subdirektorat Peraturan Pajak Penghasilan DJP. Dia juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kebijakan Penerimaan Negara, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

3. Luky Alfirman
Saat ini menjabat sebagai Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. Pria ini juga berasal dari lingkungan pajak. Di mana, tahun pada tahun 1995 sampai 2004 sebagai pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Setelah itu dirinya menjabat beberapa posisi penting seperti Plt Kepala Pusat Kebijakan Fiskal pada 2011. Staf Ahli Kebijakan Penerimaan Negara.

4. Suryo Utomo
Saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Budang Kepatuhan Pajak. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri, Kepala KPP Penanaman Modal Asing 3, Kepala KPP Wajib Besar I, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah, Direktur Peraturan Perpajakan I, Direktur Eksentifikasi dan Penilaian.